Text
Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-Kota Baturaja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri se- Kota Baturaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada 5 SMA Negeri yaitu SMA Negeri 1 OKU, SMA Negeri 3 OKU, SMA Negeri 4 OKU, SMA Negeri 5 OKU sebagai tempat penelitin, SMA Negeri 2 OKU sebagai tempat uji coba penelitian. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Guru Ekonomi di SMA Negeri se- Kota Baturaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Observasi dilakukan 1 kali pertemuan untuk setiap guru yang mengajar pelajaran Ekonomi, wawancara terhadap guru dilakukan pada saat jam istirahat berlangsung untuk memperjelas hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan. Analisis data penelitian menggunakan model Miler dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (mengunpulkan), data display (Mengolah), conculsion drawing (menyumpulkan). Berdasarkan analisi data yang dilakukan dengan rumus persentase terhadap deskriptor–deskriptor observasi akan ditentukan kriteria–kriteria yang sesuai pada deskriptor pelaksanaan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri se- Kota Baturaja sudah berjalan baik dengan persentase 74,78%. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran khususnya pada pelajaran Ekonomi hendaknya guru mampu melaksanakan kegiatan–kegiatan pembelajaran secara optimal.
No copy data
No other version available