Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif drilling pada pelajaran IPS Kelas IVC SD Negeri 11 Indralaya
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVC SDN 11 Indralaya pada pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Drilling. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu perencanaan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 11 Indralaya tahun ajaran 2012/2013, dengan jumlah 39 siswa terdiri dari 18 siswa lakilaki dan 21 siswa perempuan. Peneliti bertindak sebagai guru yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Drilling. Pada akhir pembelajaran, siswa diberikan tes tertulis yang terdiri dari 5 soal pilihan ganda dan 5 soal essai. Tes tersebut bertujuan untuk melihat tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Data diambil setiap akhir pertemuan sehingga dapat dibandingkan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, hasil belajar yang dicapai siswa pada pelaksanaan pra siklus yaitu 58,97%, pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 74,36%, dan kemudian pada Siklus II menjadi 87,2%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available