Text
Mengembangkan kemampuan resolusi konflik internasional siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di kelas VII a Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kisam Tinggi
Judul Mengembangkan Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kisam Tinggi. Masalah penelitian ini adalah apakah melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan resolusi konflik interpersonal siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Kisam Tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan resolusi konflik interpersonal siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Kisam Tinggi melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metodologi penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK), dengan subjek penelitian berjumlah 6 orang yang termasuk dalam kategori berkemampuan resolusi konflik interpersonal rendah. Instrumen penelitian menggunakan skala psikologi tentang kemampuan resolusi konflik interpersonal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan skor dan persentil kemudian diklasifikasikan menjadi kategori sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan resolusi konflik interpersonal siswa. Dapat direkomendasikan bahwa teknik sosiodrama dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan resolusi konflik interpersonal siswa.
No copy data
No other version available