Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar kelas X SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental design dengan desain one group pretest – posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar rata - rata sebesar 31,92 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,72 termasuk dalam kategori tinggi dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,83%. Berdasarkan hasil uji –t menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest berbeda nyata, dimana nilai postest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan.
No copy data
No other version available