Text
Analisis penentuan harga jual produk semen pcc di wilayah kotamadya Palembang pada PT. Semen Baturaja tbk. Palembang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan harga jual semen PCC dan upaya untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan PT Semen Baturaja Tbk. PT Semen Baturaja Tbk merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar pada industri semen. Namun dalam penentuan harga jual semen PCC terdapat perbedaan harga jual pada setiap wilayahnya. selain itu rasio profitabilitas perusahaan cenderung menurun dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan wawancara pada pihak perusahaan PT Semen Baturaja Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan. dan peristiwa yang terjadi pada PT Semen Baturaja Tbk dalam menentukan harga jual semen PCC. Dapat disimpulkan bahwa penentuan harga jual semen PCC ditentukan oleh direksi PT Semen Baturaja Tbk dan perbedaan harga jual semen PCC pada setiap wilayah yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor wilayah, jarak tempuh, dan supply semen. Dan upaya meningkatkan profilabililas yaitu memperluas wilayah pemasaran PT Semen Baturaja, dan menggunakan bahan altematif untuk menghemat biaya produksi.
Kata Kunci : biaya, harga jual, harga pokok produksi, harga pokok penjualan, profitabilitas
No copy data
No other version available