Text
Upaya meningkatkan efikiasi diri terhadap pilihan siswa karir siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik coaching di kelas XI SMA Negeri 1 Pedamaran
Judul Upaya Meningkatkan Efikasi Diri terhadap Pilihan Karir Siswa melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Coaching di Kelas XI SMA Negeri 1 Pedamaran. Masalah penelitian ini adalah apakah teknik coaching dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan efikasi diri terhadap karir siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pedamaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Efikasi diri siswa terhadap pilihan karir melalui bimbingan kelompok dengan teknik coaching. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan subjek penelitian berjumlah 5 orang, data diambil dengan menggunakan angket yang sebelumnya diuji validasi dan reliabilitasnya. Data dianalisi menggunakan skor dan persentil kemudian diklasifikasikan menjadi kategori sangat rendah, rendah, tinggi dan sangat tinggi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif kemudian. Hasil penelitian tindakan ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik coaching dapat meningkatkan efikasi diri terhadap pilihan karir siswa. Rata-rata skor peningkatan efikasi diri terhadap pilihan karier siswa sebelum dilakukan tindakan 68 atau 53,1% dikategorikan rendah, setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik coaching, rata-rata skor efikasi diri siswa terhadap pilihan karier meningkat menjadi 76 atau 59,4% dikategorikan rendah. Setelah siklus kedua, rata-rata skor efikasi diri siswa terhadap pilihan karier dapat meningkat menjadi 83,2 atau 65% dikategorikan tinggi. Dapat direkomendasikan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik coaching dapat digunakan untuk meningkatkan efikasi diri terhadap pilihan karier siswa.
No copy data
No other version available