Text
Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi sifat-sifat bangun datar menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament di kelas V a SD Negeri 24 Indralaya
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi sifat-sifat bangun datar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas Va SD Negeri 24 Inderalaya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas Va SD Negeri 24 Inderalaya semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 16 orang, terdiri dari 5 laki-laki dan 11 perempuan.Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil penelitian ini menunujukkan pada saat tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 46,87 dengan persentase ketuntasan 37,5%, setelah diberi tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 59,37 dengan persentase ketuntasan 56,25%, dan setelah diberi tindakan siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 78,12 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available