The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran question students have pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN. 24 Inderalaya

Text

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran question students have pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN. 24 Inderalaya

Melita Sanji - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 24 Inderalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pelaksanaan PTK tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 24 Inderalaya dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada setiap siklus, baik peningkatan hasil tes maupun peningkatan aktivitas belajar. Nilai ketuntasan belajar pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 66,66%. Pada siklus II, terdapat 23 siswa yang tuntas (85,18%). Seiring dengan hasil tes tersebut, aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan yang seimbang dengan penurunan tingkat siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I, terdapat 13 siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, 11 siswa sedang dan 3 siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus II, terdapat 19 siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, 6 siswa sedang dan 2 siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Pencapaian persentase ketuntasan belajar sebesar 85,18%. Adanya peningkatan aktivitas belajar menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Dengan demikian, model pembelajaran Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.2607 Mel u 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xiii, 65 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.2607
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar - IPS
Model pembelajaran Question Student Have
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search