Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran question students have pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN. 24 Inderalaya
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 24 Inderalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pelaksanaan PTK tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 24 Inderalaya dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada setiap siklus, baik peningkatan hasil tes maupun peningkatan aktivitas belajar. Nilai ketuntasan belajar pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 66,66%. Pada siklus II, terdapat 23 siswa yang tuntas (85,18%). Seiring dengan hasil tes tersebut, aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan yang seimbang dengan penurunan tingkat siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I, terdapat 13 siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, 11 siswa sedang dan 3 siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus II, terdapat 19 siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, 6 siswa sedang dan 2 siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Pencapaian persentase ketuntasan belajar sebesar 85,18%. Adanya peningkatan aktivitas belajar menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Dengan demikian, model pembelajaran Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available