The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penggunaan digital scrapbook terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pecah sebagai perbandingan di kelas VB SDN 63 Palembang

Text

Pengaruh penggunaan digital scrapbook terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pecah sebagai perbandingan di kelas VB SDN 63 Palembang

Novitasari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Digital Scrapbook terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sebagai perbandingan di kelas VB SD Negeri 63 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB yang berjumlah 26 siswa. Digital scrapbook merupakan buku yang dibuat dengan menggunakan sistem komputer yang berisi kumpulan teks, visual, audio, dan video yang berisi materi pelajaran yang dikemas secara menarik, utuh, dan relevan dengan tujuan pembelajaran. Metode pre-eksperimen merupakan metode yang digunakan dalam penelitian dan dilakukan selama 5 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui penggunaan Digital Scrapbook dalam menyelesaikan soal pecahan sebagai perbandingan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes awal (pretest) yang dilakukan sebelum peneliti menggunakan Digital Scrapbook, hasil belajar seluruh siswa kelas VB masuk dalam kategori sangat kurang (0–39) atau pada predikat tidak tuntas. Namun setelah digunakan Digital Scrapbook, hasil tes akhir (posttest) dari 26 siswa menunjukkan bahwa seluruh siswa berhasil memperoleh predikat tuntas. Siswa yang masuk dalam kategori sangat baik (88–100) berjumlah 20 siswa, masuk dalam kategori baik (75–87) berjumlah 5 orang, dan yang masuk dalam kategori cukup (60-74) berjumlah 1 orang. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Digital Scrapbook dalam menyelesaikan soal pecahan sebagai perbandingan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Digital Scrapbook dapat dibuat sendiri oleh guru sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran dengan menggunakan ide-ide yang kreatif dan menyalurkan inovasi terbaru dalam menyajikan materi pelajaran dalam bentuk Digital Scrapbook yang menarik.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.2607 Nov p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xv, 97 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.2607
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Digital scrapbook
Pecahan sebagai perbandingan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search