Text
Pengaruh penggunaan digital scrapbook terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pecah sebagai perbandingan di kelas VB SDN 63 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Digital Scrapbook terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sebagai perbandingan di kelas VB SD Negeri 63 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB yang berjumlah 26 siswa. Digital scrapbook merupakan buku yang dibuat dengan menggunakan sistem komputer yang berisi kumpulan teks, visual, audio, dan video yang berisi materi pelajaran yang dikemas secara menarik, utuh, dan relevan dengan tujuan pembelajaran. Metode pre-eksperimen merupakan metode yang digunakan dalam penelitian dan dilakukan selama 5 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui penggunaan Digital Scrapbook dalam menyelesaikan soal pecahan sebagai perbandingan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes awal (pretest) yang dilakukan sebelum peneliti menggunakan Digital Scrapbook, hasil belajar seluruh siswa kelas VB masuk dalam kategori sangat kurang (0–39) atau pada predikat tidak tuntas. Namun setelah digunakan Digital Scrapbook, hasil tes akhir (posttest) dari 26 siswa menunjukkan bahwa seluruh siswa berhasil memperoleh predikat tuntas. Siswa yang masuk dalam kategori sangat baik (88–100) berjumlah 20 siswa, masuk dalam kategori baik (75–87) berjumlah 5 orang, dan yang masuk dalam kategori cukup (60-74) berjumlah 1 orang. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Digital Scrapbook dalam menyelesaikan soal pecahan sebagai perbandingan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Digital Scrapbook dapat dibuat sendiri oleh guru sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran dengan menggunakan ide-ide yang kreatif dan menyalurkan inovasi terbaru dalam menyajikan materi pelajaran dalam bentuk Digital Scrapbook yang menarik.
No copy data
No other version available