Text
Pengaruh multimedia pembelajaran menggunakan aplikasi borland c++ builder 6.0 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Lahat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Multimedia Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Borland C++ Builder 6.0 dengan Microsoft Powerpoint terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Lahat. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen Design bentuk Nonequivalent Control Group design yaitu menggunakan pretes dan postes dengan perlakuan sebanyak 3 kali pertemuan. Populasi adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 6 kelas semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 185 orang. Dengan menggunakan random dengan teknik Cluster Sampling didapatkan dua kelas yaitu kelas X2 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakukan dengan multimedia pembelajaran menggunakan aplikasi borland c++ builder 6.0 dan kelas X5 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol yang diberi perlakukan dengan microsoft powerpoint.Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui hipotesis (uji-t ) dengan menggunakan rumus uji-t related (untuk sampel berpasangan) dan taraf signifikansi (α) = 5%, dan dk = n1 + n2 – 2 jadi (dk = 30 + 30 - 2= 58). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2,69 sedangkan tinterpolasi sebesar 2,0021. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh multimedia pembelajaran menggunakan aplikasi borland c++ builder 6.0 dengan microsoft powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Lahat. Perbedaannya dapat dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rerata pretes sebesar 44,4 dan postes sebesar 83,6.
Sedangkan untuk kelas kontrol rerata pretes yaitu 44,27 dan postes sebesar 80,57. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan multimedia pembelajaran menggunakan aplikasi
borland c++ builder 6.0 sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
No copy data
No other version available