Text
Audit Manajemen atas Fungsi Pemasaran Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Palembang
Audit manajemen merupakan suatu alat yang tepat bagi manajemen untuk melakukan evaluasi dan menilai tingkat ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas atas kegiatan perusahaan. Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Palembang yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman surat, paket, dan jenis pelayanannya dalam bidang layanan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fungsi pemasaran perusahaan dengan tahapan audit yang ada. Fokus penelitian ini adalah tahapan audit atas fungsi pemasaran dengan mencakup enam komponen yang ada pada lingkup pemasaran meliputi : lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran lainnya. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder diperoleh dari buku – buku, jurnal ilmiah, dan lain – lain. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa PT. Pos Indonesia (Persero) Palembang efektiv dan efisien dalam menjalankan aktivitas pemasaran, akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan. Setelah dilakukan analisis secara menyeluruh, hasil dari analisis tersebut menemukan inefektiv dan inefisien seperti : tidak ada struktur organisasi dan penugasan kerja yang baku pada bagian pemasaran dan tidak melakukan kegiatan promosi secara aktif.
Kata Kunci : Audit Manajemen, Fungsi Pemasaran
No copy data
No other version available