Text
Pengaruh pofitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Indonesia periode 2014-2016)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014 – 2016. Teknik pengumpulan sample menggunakan purposive sampling. Data populasi sebanyak 133 dan diperoleh sample sebanyak 37 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data dengan variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan variabel leverage berpengaruh terhadap manajemen laba. Kemampuan ketiga variabel dalam mempengaruhi manajemen laba sebesar sebesar 18,2 % sedangkan sisanya 81,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.
Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba
No copy data
No other version available