Text
Evaluasi pengendalian internal terhadap sistem penjualan kredit pada PT. Pertamina marketing operational (MOR) II Palembang
Penjualan kredit memerlukan perhatian dan penanganan yang serius agar resiko yang akan ditimbulkan dapat dihindari, termasuk dalam hal pengendalian internal perusahaannya sendiri. PT. Pertamina (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang sebagian besar aktivitas bisnis dan penjualannya dilakukan secara kredit. Agar dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, perusahaan membutuhkan suatu sistem yang dapat digunakan perusahaan untuk pemprosesan dan pengelolaan data penjualan agar dapat berjalan dengan baik yaitu dengan sistem penjualan kredit dan pengendalian intern sebagai pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem penjualan kredit yang diterapkan pada PT. Pertamina MOR II Palembang dalam transaksi penjualan kreditnya terutama dalam pengendalian internal perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pengendalian intern terhadap sistem penjualan kredit pada PT.Pertamina MOR II Palembang telah berjalan efektif, karena telah sesuai dengan prosedur-prosedur yang diterapkan.
Kata kunci: penjualan kredit, sistem penjualan kredit, pengendalian intern.
No copy data
No other version available