Text
Hubungan kontrol orang tua dengan motivasi belajar siswa SMP LL yang gemar bermain game
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kontrol orang tua
dengan motivasi belajar siswa SMP LL yang gemar bermain game.
Dengan menggunakan teknik simple ramdom sampling, diperoleh 80 siswa
dari kelas tujuh dan delapan yang gemar bermain game. Data dikumpulkan
melalui skala kontrol orang tua berdasar aspek kontrol orang tua Wells dan
Rankin (1988) dan motivasi belajar berdasar pada indikator motivasi belajar Uno
(2014). Kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi pearson’s product
moment.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai korelasi pearson adalah
sebesar 0,445 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Atinya, terdapat
hubungan antara kontrol orang tua dengan motivasi belajar siswa SMP LL yang
gemar bermain game. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Kontrol Orang Tua, Motivasi Belajar
No copy data
No other version available