Text
Hubungan antara harga diri dengan kecenderungan narsisme media sosial instagram pada mahasiswa di kota Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kecenderungan narsisme pada mahasiswa di Kota Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini ada hubungan antara harga diri dengan kecenderungan narsisme media sosial instagram. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang berkuliah di Kota Yogyakarta, dengan sampel uji coba 50 mahasiswa dan sampel penelitian sebanyak 150 mahasiswa dengan teknik sampling insidental. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan skala berdasarkan aspek kecenderungan narsisme dari Emmons (1984), dan aspek harga diri dari Coopersmith (1967) . Hasil penelitian dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil hipotesis menunjukkan ada hubungan yang positif antara harga diri dengan kecenderungan narsisme dengan korelasi r = 0,462 dengan nilai p 0,000, yang berarti semakin tinggi kecenderungan narsisme semakin tinggi harga diri. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Kecenderungan Narsisme, Harga Diri, Instagram
No copy data
No other version available