Text
Hubungan big five factor dan komitmen organisasi pada driver perusahaan X di kota Palembang
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism dan openness to experience dengan komitmen organisasi pada driver perusahaan X di kota palembang. Sampel penelitian adalah driver di perusahaan X sebanyak 100 orang yang diambil melalui teknik sampling insidental. Skala yang digunakan yaitu skala big five factor yang dimodifikasi dari skala big five inventory John (John & Srivastava, 1999) dan skala komitmen organisasi yang dimodifikasi dari skala komitmen organisasi Allen dan Meyer (1990). Hasil penelitian hipotesis mayor pertama dan kelima dianalisis dengan menggunakan analisis spearman rank dan hipotesis mayor kedua, ketiga, keempat menggunakan analisis korelasi pearson’s product moment. Hasil hipotesis kedua dengan nilai p = 0,002, menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian agreeableness dengan komitmen organisasi. Hasil hipotesis ketiga dengan nilai p = 0,000, menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian conscientiousness dengan komitmen organisasi. Hasil hipotesis keempat dengan nilai p = 0,000, menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian neuroticism dengan komitmen organisasi.
Kata Kunci: Big Five Factor, Komitmen Organisasi.
No copy data
No other version available