Text
Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada kelas II di SD Islam terpadu Harapan Mulia Palembang
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kesesuaian RPP dan pelaksanaannya; (2) proses kegiatan belajar mengajar membaca permulaan pada kelas II di SD Islam Terpadu (IT) Harapan Mulia Palembang; (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di kelas II pada SD IT Harapan Mulia Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan peneliti terhadap latar alamiah atau lingkungan sosial yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SD IT Harapan Mulia Palembang. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, studi dokumen dan Instrumen Penilaian Kemampuan Guru (IPKG) dalam menyusun rencana pembelajaran. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada kelas II di SD IT Harapan Mulia Palembang sangat baik. Dilihat skor IPKG yakni 93 yang masuk katagori sangat baik. Kemudian terdapat kesesuaian kegiatan pembukaan, dan penutupan pada RPP yang dirancang guru dan pelaksanaannya. Namun belum memiliki kesesuaian pada kegiatan inti pembelajaran. Proses kegiatan belajar mengajar membaca permulaan di dalam kelas terlihat sangat aktif. Hal ini ditunjang dengan pemahaman siswa dalam pengenalan huruf dan kata serta menghubungkannya dengan bunyi. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di kelas II SD IT Harapan Mulia Palembang ialah fasilitas sekolah berupa perpustakaan dan laboratorium komputer, peran serta guru dan orang tua/wali yang bersinergi menanamkan budaya membaca pada siswa, penguatan berupa pujian yang selalu diberikan guru dan orang tua siswa kepada yang berprestasi dan faktor ekonomi orang tua/wali siswa yang masuk katagori mengengah keatas. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas II SD IT Harapan Mulia Palembang ialah kurang inovatifnya metode pembelajaran yang diajarkan guru karena guru hanya menerapkan metode global saja ketika mengajar.
No copy data
No other version available