The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada kelas II di SD Islam terpadu Harapan Mulia Palembang

Text

Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada kelas II di SD Islam terpadu Harapan Mulia Palembang

Meyrizka Dwinanda - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kesesuaian RPP dan pelaksanaannya; (2) proses kegiatan belajar mengajar membaca permulaan pada kelas II di SD Islam Terpadu (IT) Harapan Mulia Palembang; (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di kelas II pada SD IT Harapan Mulia Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan peneliti terhadap latar alamiah atau lingkungan sosial yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SD IT Harapan Mulia Palembang. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, studi dokumen dan Instrumen Penilaian Kemampuan Guru (IPKG) dalam menyusun rencana pembelajaran. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada kelas II di SD IT Harapan Mulia Palembang sangat baik. Dilihat skor IPKG yakni 93 yang masuk katagori sangat baik. Kemudian terdapat kesesuaian kegiatan pembukaan, dan penutupan pada RPP yang dirancang guru dan pelaksanaannya. Namun belum memiliki kesesuaian pada kegiatan inti pembelajaran. Proses kegiatan belajar mengajar membaca permulaan di dalam kelas terlihat sangat aktif. Hal ini ditunjang dengan pemahaman siswa dalam pengenalan huruf dan kata serta menghubungkannya dengan bunyi. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di kelas II SD IT Harapan Mulia Palembang ialah fasilitas sekolah berupa perpustakaan dan laboratorium komputer, peran serta guru dan orang tua/wali yang bersinergi menanamkan budaya membaca pada siswa, penguatan berupa pujian yang selalu diberikan guru dan orang tua siswa kepada yang berprestasi dan faktor ekonomi orang tua/wali siswa yang masuk katagori mengengah keatas. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas II SD IT Harapan Mulia Palembang ialah kurang inovatifnya metode pembelajaran yang diajarkan guru karena guru hanya menerapkan metode global saja ketika mengajar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.410 7 Mey p 2015
Publisher
Palembang : ., 2015
Collation
79 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.410 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Baca-pendidikan
pelaksanaan pembelajaran
Membaca permulaan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search