Text
Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran cooperative script pada siswa kelas IV SD 28 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 28 Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subjek kelas IV SD Negeri 28 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa.Yang dilaksanakan dalam dua siklus meliputi tahapan ,Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Indikator yang ditetapkan guna mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar diperoleh >65 dan ketuntasa klasikal > 80 % . Berdasarkan hasil tes evaluasi pada akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal 62,81 dan ketuntasan klasikal 69%.Sedangkan hasil tes evaluasi siklus II diperoleh 67,08 dan ketuntasan klasikal 83%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karna itu disarankan guru kelas pada umumnya menerapkan model pembelajaran ini dalam membelajarkan pada pembelajaran IPS.
No copy data
No other version available