Text
Pengaruh model eksplorasi, pengenalan, dan penerapan konsep (EPPK) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas di kelas XI SMA N 1 Inderalaya
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh model Eksplorasi, Pengenalan dan Penerapan Konsep (EPPK) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas di kelas XI SMA N 1 Indralaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan desain quasi eksperimental design, nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling, probability sampling, simple random sampling. Sampel yang didapat adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan proses pembelajaran pada pokok bahasan elastisitas, baik itu pada kelas eksperimen yang menggunakan model EPPK dengan metode eksperimen, maupun pada kelas kontrol yang menggunakan model EPPK tanpa metode eksperimen, didapat rata-rata nilai pretest dengan posttest kelas eksperimen yaitu 24.032 dan 79.35 dan untuk kelas kontrol yaitu 29.84 dan 73.48 Dengan uji Chi Kuadrat dan Uji F, diketahui bahwa data hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol itu terdistribusi normal dan homogen. Setelah diuji hipotesis dengan t-test pooled varian, diperoleh harga thitung untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 25.526 dan 19.107 dan harga ttabel sebesar 1,99167 dengan taraf kesalahan 5% dan derajat kebebasan 62, maka thitung > ttabel, harga thitung terletak di daerah penolakan H0 dan penerimaan Ha. terlihat dari harga thitung pada kelas eksperimen > thitung kelas kontrol. Jadi ada pengaruh model eksplorasi, pengenalan dan penarapan konsep (EPPK) dengan metode ekseprimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Indralaya.
No copy data
No other version available