The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model eksplorasi, pengenalan, dan penerapan konsep (EPPK) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas di kelas XI SMA N 1 Inderalaya

Text

Pengaruh model eksplorasi, pengenalan, dan penerapan konsep (EPPK) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas di kelas XI SMA N 1 Inderalaya

Khoiruroziqin Desmariansah - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh model Eksplorasi, Pengenalan dan Penerapan Konsep (EPPK) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas di kelas XI SMA N 1 Indralaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan desain quasi eksperimental design, nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling, probability sampling, simple random sampling. Sampel yang didapat adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan proses pembelajaran pada pokok bahasan elastisitas, baik itu pada kelas eksperimen yang menggunakan model EPPK dengan metode eksperimen, maupun pada kelas kontrol yang menggunakan model EPPK tanpa metode eksperimen, didapat rata-rata nilai pretest dengan posttest kelas eksperimen yaitu 24.032 dan 79.35 dan untuk kelas kontrol yaitu 29.84 dan 73.48 Dengan uji Chi Kuadrat dan Uji F, diketahui bahwa data hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol itu terdistribusi normal dan homogen. Setelah diuji hipotesis dengan t-test pooled varian, diperoleh harga thitung untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 25.526 dan 19.107 dan harga ttabel sebesar 1,99167 dengan taraf kesalahan 5% dan derajat kebebasan 62, maka thitung > ttabel, harga thitung terletak di daerah penolakan H0 dan penerimaan Ha. terlihat dari harga thitung pada kelas eksperimen > thitung kelas kontrol. Jadi ada pengaruh model eksplorasi, pengenalan dan penarapan konsep (EPPK) dengan metode ekseprimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Indralaya.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.302 8107 Kho p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xvi, 61 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.302 8107
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search