Text
Pengaruh penilaian teman terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya
Penelitian ini berjudul pengaruh penilaian teman terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian Guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Variabel penelitian penilaian teman, penilaian guru dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental desain bentuk nonequivalent control group design, penentuan sampel dilakukan teknik random dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, untuk mengukur pengaruh penilaian teman ini angket diberikan setelah pertemuan ketiga. Teknik analisis data menggunakan rumus Uji-t, hasil analisis data angket motivasi didapat t hitung = 3,04 sedangkan t interpolasi= 2,7 sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Penerapan penilaian teman ini memberikan sumbangan 19,9% terhadap motivasi belajar peserta didik, di samping itu penilaian teman ini juga dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran, terlihat dari pertanyaan dan tanggapan peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Sehingga penulis memberikan saran kepada guru agar dapat menggunakan penilaian teman sebagai variasi penilaian dalam proses pembelajaran.
No copy data
No other version available