The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penilaian teman terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya

Text

Pengaruh penilaian teman terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya

Epa Sollina - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul pengaruh penilaian teman terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian Guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Variabel penelitian penilaian teman, penilaian guru dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental desain bentuk nonequivalent control group design, penentuan sampel dilakukan teknik random dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, untuk mengukur pengaruh penilaian teman ini angket diberikan setelah pertemuan ketiga. Teknik analisis data menggunakan rumus Uji-t, hasil analisis data angket motivasi didapat t hitung = 3,04 sedangkan t interpolasi= 2,7 sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh penilaian teman dengan penilaian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Penerapan penilaian teman ini memberikan sumbangan 19,9% terhadap motivasi belajar peserta didik, di samping itu penilaian teman ini juga dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran, terlihat dari pertanyaan dan tanggapan peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Sehingga penulis memberikan saran kepada guru agar dapat menggunakan penilaian teman sebagai variasi penilaian dalam proses pembelajaran.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.107 Epa p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xi, 94 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370.107
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pendidikan moral-karakter
Penilaian Teman
Motivasi Belajar Peserta Didik
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search