Text
Desain pembelajaran logaritma menggunakan konteks perkembangbiakan euglena viridis untuk siswa kelas X
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar dengan konteks
perkembangbiakan Euglena viridis yang dapat membantu siswa memahami
logaritma. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Raja,
Sumatera Selatan, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
desain, yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap percobaan mengajar,
dan tahap retrospektif analisis. Dalam penelitian ini dikembangkan Hypothetical
Learning Trajectory (HLT) dari serangkaian aktivitas pembelajaran menggunakan
konteks perkembangbiakan Euglena viridis dan menyelesaikan masalah yang
berkitan dengan bentuk logaritma dan sifat perkalian logaritma. Pengembangan
secara teoritis dilaksanakan melalui proses interaktif antara ke tiga tahap pada
design research yang bertujuan memberi kontribusi terhadap teori pembelajaran
lokal (Local Instruction Theory) untuk membantu siswa mempelajari materi bentuk
logaritma dan sifat perkalian logaritma. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu melalui, wawancara, rekaman video, dan foto serta memberikan pretest dan
posttest. Kemudian Actual learning siswa selama teaching experiment
dibandingkan dengan HLT yang telah peneliti rancang. Pada tahap informal,
masalah kontekstual digunakan sebagai titik awal pembelajaran untuk menggali
pengetahuan siswa. Dari hasil retrospective analysis menunjukkan bahwa pada
tahap formal siswa dapat memahami bentuk logaritma dan sifat perkalian logaritma
dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan logaritma serta sifat
perkalian logaritma.
Kata kunci : Logaritma, Desain Pembelajaran, PMRI, Perkembangbiakan Euglena viridiss
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T00031 | 513.207 Rin d | Central Library | Available |
No other version available