Text
Desain Pembelajaran Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Alat Keseimbangan (Balancing Tool) Dengan Pendekatan PMRI Di Kelas VII
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan lintasan belajar yang dapat
membantu siswa dalam memahami materi persamaan linier satu variabel (PLSV)
di kelas VII dengan menggunakan balancing tool (alat keseimbangan). Metode
penelitian yang digunakan adalah design research (penelitian desain) yang
dilakukan sebanyak tiga tahap. Tahap pertama adalah preliminary design yaitu
tahap desain pendahuluan yaitu merancang kegiatan pembelajaran berupa dugaan
lintasan belajar (Hypothetical Learning Trajectory). Tahap kedua adalah design
experiment yang terbagi lagi menjadi dua tahap yaitu pilot experiment dan teaching
experiment. Tahap ketiga adalah restrospective analysis, pada tahap ini dilakukan
analisis dari data yang telah diperoleh pada tahap teaching experiment. Berdasarkan
data yang didapatkan dan analisis yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan.
Pertama pada materi PLSV, penggunaan alat peraga dengan pembelajaran
menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu pemahaman konsep siswa.
Kedua lintasan belajar yang dihasilkan adalah berupa lintasan-lintasan yang
membantu siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Desain Pembelajaran, Balancing Tool, PLSV
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T00030 | Central Library | Available |
No other version available