Text
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)
Penilaian atas saham merupakan kegiatan yang sangat penting. Salah satunya metode penilaian saham tersebut adalah Price Earning Ratio. Metode ini mendasarkan diri atas rasio antara harga saham per lembar yang berlaku di pasar dapat diartikan sebagai indikator kepercayaan pasar terhadap prospek pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang diduga memengaruhi nilai Price Earning Ratio saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor tersebut antara lain : Dividend Payout Ratio, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset dan Total Asset Turnover. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dianalisis dan diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Periode yang digunakan adalah tahun 2014-2016 dengan 24 emite sehingga ada 72 data pengamatan sebagai sampel yang diambil dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh signifikan terhadap price earning ratio. Hanya satu variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio yaitu Return On Asset. Sedangkan Dividend Payout Ratio, Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio.
Kata kunci: Price Earning Ratio, Dividend Payout Ratio, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset dan Total Asset Turnover.
No copy data
No other version available