Text
Upaya meningkatkan ketarampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Palembang melalui pendekatan pakem
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan PAKEM terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 25 Palembang dengan jumlah 23 siswa terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan bentuk tes lisan dan observasi. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah apabila siswa memperoleh nilai ≥ 70 dan ketuntasan belajar klasikal 85%. Berdasarkan data hasil penelitian rata-rata keterampilan berbicara siswa pada Siklus I sebesar 68,87 dengan persentase 43,48%, Siklus II sebesar 76 dengan persentase 73,91%, dan Siklus III sebesar 83,65 dengan persentase 91,30%. Hal ini menunjukkan bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan hasil rata-rata siswa ini juga didukung dengan persentase keaktivan siswa dalam proses pembelajaran. Pada Siklus I sebesar 57,06% (cukup) menjadi 76,90% (baik) pada Siklus II, kemudian menjadi 83,15% (baik sekali) pada Siklus III. Berdasarkan peningkatan hasil tes keterampilan berbicara dan hasil observasi keaktivan siswa dalam proses pembelajaran, maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia.
No copy data
No other version available