Text
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Mahasiswa berbelanja di platform e-commerce Shopee (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Variabel Harga (X1), Kemudahan Transaksi (X2), Keamanan Transaksi (X3), dan Promosi Penjualan (X4) berpengaruh secara simultan dan parsilal terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh dominan. Metode penelitian dilakukan dengan cara membagikan kuesioner pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling dengan kriteria Mahasiswa Universitas Sriwijaya yang sedang kuliah di Kampus Indralaya dan sudah pernah berbelanja di e-commerce Shopee minimal 3 kali dalam 3 bulan terakhir. Uji Validitas menggunakan Corrected Item Total Correlation (CITC), Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya secara simultan (Harga, Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, dan Promosi Penjualan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel Harga dan Kemudahan Transaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel Keamanan Transaksi dan Promosi Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel Keamanan Transaksi (X3)
Kata kunci: E-Commerce Shopee, Harga, Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian
No copy data
No other version available