The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 42 Palembang menggunakan strategi survey question-read-recite-review (SQ3R)

Text

Upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 42 Palembang menggunakan strategi survey question-read-recite-review (SQ3R)

Septiani Sari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R pada membaca pemahaman. Strategi SQ3R merupakan salah satu bagian strategi elaborasi yang meliputi langkah-langkah survey, question, read, recite, and review yang mempunyai tujuan untuk membantu siswa mengingat apa yang siswa baca dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yang terdiri atas tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran keterampilan membaca hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai presentase untuk hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu rata-rata nilai kemampuan membaca siklus I adalah 63,25 dengan persentase ketuntasan belajar 39,29%, dan keaktifan membaca siswa sebesar 60,71%. Rata-rata nilai kemampuan membaca siklus II adalah 73,04 dengan persentase ketuntasan belajar 64,29%, dan keaktifan membaca siswa sebesar 75,95%. Dan rata-rata nilai kemampuan membaca siklus III adalah 84,53 dengan persentase ketuntasan belajar 92,86% dan keaktifan membaca siswa sebesar 87,98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 42 Palembang. Mengingat penggunaan strategi SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, maka strategi ini dapat dijadikan alternative bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.407 Sep u 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xi, 147 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.407
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Membaca
Keterampilan
SQ3R
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search