Text
Upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 42 Palembang menggunakan strategi survey question-read-recite-review (SQ3R)
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R pada membaca pemahaman. Strategi SQ3R merupakan salah satu bagian strategi elaborasi yang meliputi langkah-langkah survey, question, read, recite, and review yang mempunyai tujuan untuk membantu siswa mengingat apa yang siswa baca dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yang terdiri atas tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran keterampilan membaca hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai presentase untuk hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu rata-rata nilai kemampuan membaca siklus I adalah 63,25 dengan persentase ketuntasan belajar 39,29%, dan keaktifan membaca siswa sebesar 60,71%. Rata-rata nilai kemampuan membaca siklus II adalah 73,04 dengan persentase ketuntasan belajar 64,29%, dan keaktifan membaca siswa sebesar 75,95%. Dan rata-rata nilai kemampuan membaca siklus III adalah 84,53 dengan persentase ketuntasan belajar 92,86% dan keaktifan membaca siswa sebesar 87,98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 42 Palembang. Mengingat penggunaan strategi SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, maka strategi ini dapat dijadikan alternative bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.
No copy data
No other version available