Text
Penerapan model investigasi kelompok sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan keterampilan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 63 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman peserta didik di kelas IVA SD Negeri 63 Palembang dengan menerapkan model investigasi kelompok (MIK). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVA SD Negeri 63 Palembang dengan jumlah peserta didik 37 orang peserta didik terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil membaca pemahaman peserta didik di kelas IVA SD Negeri 63 Palembang dari siklus I sampai dengan siklus III dari 13 peserta didik (35,13%) yang tuntas belajar menjadi 34 peserta didik (91,89%). Nilai ketuntasan peserta didik pada siklus I menunjukkan dari 37 peserta didik terdapat 13 peserta didik (35,13%) yang tuntas belajar, siklus II terjadi peningkatan dibandingkan dengan siklus I yaitu dari 37 peserta didik ada 26 peserta didik (70,27%) yang tuntas belajar, kemudian pada siklus III terjadi peningkatan dibandingkan dengan siklus I dan siklus II yaitu dari 37 peserta didik terdapat 34 peserta didik (91,89%) yang tuntas belajar. Pada siklus I ke siklus II menunjukkan adanya peningkatan sebesar 35,14% (13 peserta didik) dan pada siklus II ke siklus III menunjukkan adanya peningkatan sebesar 21,62% (8 peserta didik). Dari 13 peserta didik yang tuntas belajar menjadi 34 peserta didik yang tuntas belajar. Hal tersebut diketahui dari hasil pengamatan dan tes. Dengan demikian, MIK dapat meningkatkan aktivitas dan hasil membaca pemahaman peserta didik di kelas IVA SD Negeri 63 Palembang. MIK diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.
No copy data
No other version available