Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 02 Indralaya Utara dalam pembelajaran IPA melalui model kreatif produktif
Judul penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 02 Indralaya Utara dalam pembelajaran IPA melalui model kreatif produktif. Penelitian ini membahas hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 02 Indralaya Utara dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model kreatif produktif. Masalahnya adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif di kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa 65,8% dan hasil penelitian pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa 89,7%. Hasil observasi terhadap keaktifan siswa pada siklus I dikategorikan aktif yaitu 71%, sedangkan hasil observasi terhadap keaktifan siswa pada siklus II dikategorikan sangat aktif yaitu 80,5%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir dengan menggunakan model pembelajaran kreatif produktif.
No copy data
No other version available