Text
Pengaruh strategi preview, question, read reflect, bectite, dan review (Q4R) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh strategi preview, question, read, reflect, recite dan review (PQ4R) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan One-group preetest-posttest Group Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dipilih kelas X.E sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan angket, tes, dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui uji-t. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh pada data motivasi belajar nilai thitung sebesar 12,42 sedangkan ttabel sebesar 2,03 dan pada data hasil belajar nilai thitung sebesar 20,1 sedangkan ttabel sebesar 2,03. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh strategi preview, question, read, reflect, recite dan review terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Pengaruhnya dapat dilihat pada perbandingan motivasi peserta didik pada data pretes dengan nilai rerata sebesar 82% dan pada data postes dengan nilai rerata sebesar 91,7%. Perbandingan hasil belajar peserta didik pada data pretes dengan nilai rerata sebesar 39,63 dan pada data postes dengan nilai rerata sebesar 81,85. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan strategi preview, question, read, reflect, recite dan review dalam proses pembelajaran sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
No copy data
No other version available