The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi preview, question, read reflect, bectite, dan review (Q4R) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Text

Pengaruh strategi preview, question, read reflect, bectite, dan review (Q4R) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Nina Erika - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh strategi preview, question, read, reflect, recite dan review (PQ4R) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan One-group preetest-posttest Group Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dipilih kelas X.E sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan angket, tes, dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui uji-t. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh pada data motivasi belajar nilai thitung sebesar 12,42 sedangkan ttabel sebesar 2,03 dan pada data hasil belajar nilai thitung sebesar 20,1 sedangkan ttabel sebesar 2,03. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh strategi preview, question, read, reflect, recite dan review terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Pengaruhnya dapat dilihat pada perbandingan motivasi peserta didik pada data pretes dengan nilai rerata sebesar 82% dan pada data postes dengan nilai rerata sebesar 91,7%. Perbandingan hasil belajar peserta didik pada data pretes dengan nilai rerata sebesar 39,63 dan pada data postes dengan nilai rerata sebesar 81,85. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan strategi preview, question, read, reflect, recite dan review dalam proses pembelajaran sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.370 7 Nin p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
59 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.370 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Strategi pemebelajaran dengan resitasi
Strategi Preview
Question
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search