Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berformat digital scrapbook melalui pendekatan sain teknologi masyarakat dalam pembelajaran IPA kelas VB SDN 11 Inderalaya
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan bahan ajar berformat Digital Scrapbook melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 11 Indralaya yang berjumlah 33 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data, pembelajaran IPA dengan menggunakan bahan ajar berformat Digital Scrapbook melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar bisa dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran siswa dan lembar hasil observasi kegiatan siswa. Pada siklus I nilai rata-rata hasil pembelajaran adalah 61,89. Pada siklus II meningkat menjadi 82,6. Persentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 60,60% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,90%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan, dengan menggunakan bahan ajar berformat Digital Scrapbook melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB SD Negeri 11 Indralaya.
No copy data
No other version available