Text
Peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 130 Palembang melalui permainan bahasa
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 130 Palembang melalui permainan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar per siklus. Hasil penelitian berupa hasil belajar, yaitu: (1) pada prasiklus nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 42,1 dengan persentase ketuntasan adalah 17,5%; (2) pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,52 dengan persentase ketuntasan adalah 52,5%; (3) pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 61,45 dengan persentase ketuntasan adalah 65%; dan (4) pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,75 dengan persentase ketuntasan adalah 90%. Hasil penelitian berupa aktivitas siswa, yaitu: (1) pada siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 59,37 dengan persentase ketuntasan adalah 35%; (2) pada siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 72,37 dengan persentase ketuntasan adalah 72,5%; dan (3) pada siklus III nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 85,87 dengan persentase ketuntasan adalah 97,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan bahasa dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 130 Palembang.
No copy data
No other version available