The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Higher Order Thinking Skills (Hots) Kelas Xi Pada Materi Sistem Pernapasan Di Sma Negeri Megang Sakti

Era Ningsih - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Kelas XI pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri Megang Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling, didapatkan sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes HOTS dalam bentuk piihan ganda dengan lima pilihan jawaban sebanyak 15 soal. Instrumen observasi keterlaksanan pembelajaran menggunakan Check list sebanyak 11 item pengamatan. Sedangkan instrumen respon peserta didik menggunakan angket dengan skala Likert sebanyak 20 aspek yang diamati. Data HOTS diuji menggunakan uji-t, lalu data keterlaksanaan pembelajaran dan data respon peserta didik dianalisis secara deskriptif. Pengolahan data ini menggunakan program SPSS 20. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig 0,00 (Sig < 0,05) sehingga dapat dinyatakan model problem based learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap higher order thinking skills (HOTS) kelas XI pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri Megang Sakti. Keterlaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata 85% (kategori sangat baik) dari 11 item yang diamati. Sedangkan respon peserta didik memiliki rata-rata 91,7% (kategori sangat baik dan baik) dari 4 aspek yang diukur.

Kata kunci: Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills, Sistem Pernapasan


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Indralaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2018
Collation
xiii, 278 hlm. : ilus + CD
Language
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Problem Based Learning
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search