The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) materi operasi hitung pecahan di  SD Negeri 63 Palembang

Text

Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) materi operasi hitung pecahan di SD Negeri 63 Palembang

Shinta Agustina - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) kelas IV SD Negeri 63 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengematan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 22 perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai ≥ 60 dan suatu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila di kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan PMRI dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan pada hasil belajar siswa siklus I sebesar 51,35% dan pada siklus II menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 91,89%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV B SD Negeri 63 Palembang.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.307 Shi u 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
ix, 105 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
kegiatan belajar mengajar
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search