Text
Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) materi operasi hitung pecahan di SD Negeri 63 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) kelas IV SD Negeri 63 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengematan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 22 perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai ≥ 60 dan suatu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila di kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan PMRI dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan pada hasil belajar siswa siklus I sebesar 51,35% dan pada siklus II menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 91,89%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV B SD Negeri 63 Palembang.
No copy data
No other version available