Text
Upaya meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas V SDN 128 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dengan subjek penelitian adalah siswa kelas Va Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, Pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Dari data hasil belajar pra siklus yakni 52.78%, hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 57.14%, lalu pada siklus I pertemuan kedua menjadi 64.28%, dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan pertama sebesar 75.75%, dan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 88.58%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat meningatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
No copy data
No other version available