Text
Upaya meningktakan penyesuain diri siswa "F" terhadap perubahan kondisi keluarga melalui konseling realitas di sekolah menengah atas Negeri 1 Indralaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa “F” terhadap perubahan kondisi keluarga melalui konseling realitas di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ditandai dengan adanya peningkatan skor penyesuaian diri dari sebelum dilakukan konseling realitas sampai setelah pada siklus kedua. Sebelum dilakukan konseling realitas, konseli mendapatkan skor lima, setelah siklus pertama skor penyesuaian diri siswa “F” meningkat menjadi sepuluh. Kemudian pada siklus kedua skor menjadi 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan konseling realitas yang menekankan pada tahap eksplorasi keinginan dan tahap perencanaan tindakan dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa “F” terhadap perubahan kondisi keluarga. Dengan demikian, tindakan konseling realitas dapat digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa “F” terhadap perubahan kondisi keluarga.
No copy data
No other version available