Text
Persepsi Wajib Pajak UMKM Terhadap Kecenderungan Negosiasi Kewajiban Membayar Pajak Terkait Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wajib pajak UMKM terhadap kecenderungan negosiasi kewajiban membayar pajak terkait peraturan pemerintah nomor 46 Tahun 2013. Jenis penelitian yang dipakai menggunakan jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan melakukan pendekatan survei dan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Propinsi Sumatera Selatan sebanyak 1191 UMKM. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan besaran sampel berdasarkan tabel Krecjie diperoleh sampel sebesar 221 UMKM. Analisis data statistik menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh 1) rata-rata persepsi wajib pajak UMKM sebesar 42.57 dikategorikan cukup baik. Sebagian besar responden mempunyai persepsi cukup baik dengan prosentase sebesar 48%, 2) rata-rata kecenderungan negosiasi sebesar 31,91 dikategorikansedang. Sebagian besar responden mempunyai kecenderungan negosiasi dengan kategori sedang, 3) berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh nilai t sebesar -5,971 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p< 0,05) sehingga dinyatakan ada pengaruh persepsi wajib pajak UMKM dengan kecenderungan negosiasi membayar pajak terkait Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013.
Kata Kunci : Persepsi, Wajib Pajak, UMKM, Kecenderungan Negosiasi
No copy data
No other version available