Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN. 63 Palembang dengan menggunakan media gambar seri
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi
siswa kelas IV SD N 63 Palembang dengan menggunakan media gambar seri.
Masalahnya adalah apakah media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan
menulis karangan narasi siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri (SDN) 63
Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 38 siswa, terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I yang tuntas sebanyak 19 siswa dari 38 siswa atau persentase ketuntasan belajarnya sebanyak 50%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatkan yaitu terbukti dengan siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa dari 38 siswa atau persentase ketuntasan belajarnya sebesar 89,47%. Selanjutnya persentase keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata keaktifan sisswa di kelas sebesar 68,5% (cukup) dan persentase pada siklus II menunjukkan rata-rata keaktifan siswa di kelas sebesar 77,5% (baik). Berdasarkan hasil di atas dapat dikatakan bahwa hasil belajar menulis karangan narasi siswa meningkat setelah mengalami pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri.
No copy data
No other version available