Text
Pengembangan media pembelajaran adobe premiere pro berbasis audivisual pada mata pelajaran IPS di kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPS Sejarah menggunakan media Adobe Premier• Pro berbasis Audiovisual untuk siswa Sekolah Menengah Pertama dengan materi Peninggalan Prasasti-Prasasti Kerajaan Sriwijaya selanjutnya rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimana cara mengembangkan media Adohe Premiere Pro berbasis Audiovisual dalam mata pelajaran IPS Sejarah yang valid, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pcnelitian pengembangan (Research Developmeno, dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan Akker. Langkah- langkah pengembangan adalah sebagai berikut: 1. Analisis kebutuhan; 2. Tahapan Desain; 3. Tahapan pengembangan dan implementasi. Kevalidan media pembelajaran dinilai oleh tiga tim ahli yaitu: I. Kevalidan materi; 2. Kevalidan desain atau Rencana Perangkat Pembelajaran; dan 3. Kevalidan media. Kevalidan materi 3,91 yang termasuk dengan kategori valid, kevalidan desain 3,88 termasuk dalam kategori valid, dan kevalidan media 4,73 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Penelitian pengembangan telah dilakukan uji coba lapangan pada kelas VII. 8 SMP Negeri 7 Palembang, efek potensial penggunaan media terlihat dari hasil belajar siswa. Secara keseluruhan hasil rata- rata pada pretest adalah 43,6 dengan kategori sangat rendah, sementara hasil posttest pada saat menguji cobakan di lapangan menggunakan media pembelajaran IPS Sejarah dengan matcri Peninggalan Prasasti- Prasasti Kerajaan Sriwijaya di dapatkan dengan rata- rata posttest yaitu 83,4 terdapat peningkatan 39,8% dan nilai gain skor sebesar 0,70 maka termasuk kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media Adobe Premiere Pro berbasis Audiovisual pada mata pelajaran IPS Sejarah materi Peninggalan Prasasti- Prasasti Kerajaan Sriwijaya telah berhasil diterapkan dan layak digunakan hal ini terlihat dari efek potensial pada hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII 8 SMP Negeri 7 Palembang.
No copy data
No other version available