Text
Kemampuan generik sains siswa dalam menggunakan LKS Laboratorium Mini pada mata pelajaran Fisika Kelas X di SMA Negeri 1 Tanjung Raja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan generik sains siswa dalam menggunakan LKS laboratorium mini pada materi suhu dan kalor di kelas X-1 SMA Negeri 1 Tanjung Raja yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Designs menggunakan desain One-Shot Case Study. Penelitian ini meneliti kelompok tunggal, tidak ada perbandingan dengan kelompok non-perlakuan. Dalam penyelenggaraan desain One-Shot Case Study, subjek disajikan sebuah perlakuan, yaitu LKS laboratorium mini, kemudian pengukuran kemampuan generik sains siswa dilakukan dengan observasi. Observasi dilakukan dengan melihat aktivitas belajar siswa selama proses kegiatan dengan menggunakan LKS laboratorium mini sesuai indikator KGS dan diukur dengan menggunakan skala model rating-scale. Berdasarkan hasil analisis data observasi, dalam menggunakan LKS laboratorium mini, tingkat kemampuan generik sains mengalami peningkatan. Pada kegiatan ketiga, 100% dari jumlah siswa menguasai tiga indikator kemampuan generik sains, yaitu kesadaran tentang skala besaran, inferensi logika dan membangun konsep. Artinya bahwa penggunaan LKS laboratorium mini dapat membantu siswa dalam menguasai kemampuan kesadaran tentang skala besaran, inferensi logika dan membangun konsep.
No copy data
No other version available