Text
Pengaruh Penerapan Media Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya
Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Penerapan Media Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) Di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan media berbasis macromedia flash 8 terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (sejarah) di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media berbasis macromedia flash 8 terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (sejarah) di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media macromedia flash 8 dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan media macromedia flash 8. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,05). Kecenderungan angket lebih banyak terdapat pada alternatif jawaban sangat setuju. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat thitung = 2,29 > ttabel = 2,001. Karena tingkat hubungan antar variabel kuat maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan media berbasis macromedia flash 8 terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu (sejarah) di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya.
No copy data
No other version available