Text
Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik (PD) kelas IV SD Negeri 10 Talang Padang Kabupaten Empat Lawang melalui model Jigsaw
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman PD kelas IV SD Negeri 10 Talang Padang Kabupaten Empat Lawang melalui model kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah PD kelas IV yang berjumlah 20 orang PD. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes pada tiap siklus, diperoleh hasil belajar sebagai berikut. Pelaksanaan siklus I diperoleh hasil ketuntasan belajar PD sebanyak 5 orang PD atau xii 25%, pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar PD sebanyak 18 orang PD atau 90%. Demikian pula dengan data observasi, pada tindakan siklus I, PD yang aktif sebanyak 8 orang PD atau 40%, dan pada siklus II PD yang aktif sebanyak 19 orang PD atau 95%. Kesimpulan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw perlu terus dilaksanakan dan diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar PD.
No copy data
No other version available