Text
Upaya meningkatkan regulasi diri melalui konseling kelompok dengan teknik konseling realitas pada siswa kelas XI TKR Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Indralaya Utara
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Regulasi Diri melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Indralaya Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ragulasi diri dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan regulasi diri siswa melalui konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas dikelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Indralaya Utara. Adapun metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), dengan melakukan 2 siklus dan subjek penelitian berjumlah 7 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mengkorversikan skor regulasi diri menjadi nilai, kemudian diklasifikasikan menjadi kategori rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri siswa dapat ditingkatkan melalui kegiatan layanan konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas. Peningkatan skor regulasi diri siswa sebelum tindakan yaitu 45 dalam kategori rendah, Setelah tindakan siklus pertama menjadi 58,1 dalam kategori sedang. Pada siklus kedua, ternyata terlihat peningkatan skor regulasi diri siswa menjadi 72,4 dikualifikasikan menjadi tinggi. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa kegiatan layanan konseling kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan masalah regulasi diri pada siswa
No copy data
No other version available