Text
Pengaruh pembelajaran Peer Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 11 Palembang
Pembelajaran Peer Instruction adalah metode yang menekankan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dengan cara berdiskusi dengan temannya sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Peer Instruction terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan desain penelitiannya yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 11 Palembang dengan sampelnya kelas X.5 dan X.7 yang berjumlah 82 siswa. Setelah penelitian terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Peer Instruction dengan yang tidak. Hal ini terlihat dari rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah itu data diolah dan didapatlah datanya berdistribusi normal dan homogen sehingga analisa data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5 % dan dk = 80 dan diperoleh thitung= 4,44 sedangkan ttabel=1,993. Karena thitung > dari ttabel maka tolak H0 dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Peer Instruction dengan yang tidak diberikan pembelajaran Peer Instruction..
No copy data
No other version available