The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh pembelajaran Peer Instruction terhadap hasil  belajar siswa kelas X pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 11 Palembang

Text

Pengaruh pembelajaran Peer Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 11 Palembang

Atik Retnowati - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pembelajaran Peer Instruction adalah metode yang menekankan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dengan cara berdiskusi dengan temannya sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Peer Instruction terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan desain penelitiannya yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 11 Palembang dengan sampelnya kelas X.5 dan X.7 yang berjumlah 82 siswa. Setelah penelitian terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Peer Instruction dengan yang tidak. Hal ini terlihat dari rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah itu data diolah dan didapatlah datanya berdistribusi normal dan homogen sehingga analisa data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5 % dan dk = 80 dan diperoleh thitung= 4,44 sedangkan ttabel=1,993. Karena thitung > dari ttabel maka tolak H0 dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Peer Instruction dengan yang tidak diberikan pembelajaran Peer Instruction..


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.307 Ati p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
50 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode belajar mengajar
Hasil belajar
Peer Instruction
Suhu dan Kalor
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search