The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan pemahaman untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi melalui metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI.IPA di SMA Negeri 1 Kayu Agung

Text

Upaya meningkatkan pemahaman untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi melalui metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI.IPA di SMA Negeri 1 Kayu Agung

Rizky Ichwan - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa untuk pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi melalui metode diskusi kelompok di SMA Negeri 1 Kayuagung. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang, data diambil dari hasil tes intelegensi, tes bakat diferensial , skala minat terhadap berbagai profesi, angket mengenai cita-cita, prestasi akademik atau non akademik, dukungan orangtua, dokumentasi nilai raport dan inventori tentang pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi. Data dianalisis secara deskriptif kemudian diklasifikasikan menjadi kategori siswa yang tepat dan tidak tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa untuk memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Sebelum dilakukan tindakan, ada 8 orang siswa dalam kategori yang tidak tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Setelah dilakukan dua siklus bimbingan kelompok dengan metode diskusi kelompok terjadi peningkatan pemahaman terhadap siswa menjadi tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan IQ, bakat, minat, cita-cita, prestasi, nilai raport, dan dukungan orangtua. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa metode diskusi kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.407 Riz u 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
xii, 91 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.407
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Bimbingan kelompok-konseling
Pemahaman
Metode Diskusi Kelompok
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search