Text
Upaya meningkatkan pemahaman untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi melalui metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI.IPA di SMA Negeri 1 Kayu Agung
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa untuk pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi melalui metode diskusi kelompok di SMA Negeri 1 Kayuagung. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang, data diambil dari hasil tes intelegensi, tes bakat diferensial , skala minat terhadap berbagai profesi, angket mengenai cita-cita, prestasi akademik atau non akademik, dukungan orangtua, dokumentasi nilai raport dan inventori tentang pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi. Data dianalisis secara deskriptif kemudian diklasifikasikan menjadi kategori siswa yang tepat dan tidak tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa untuk memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Sebelum dilakukan tindakan, ada 8 orang siswa dalam kategori yang tidak tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Setelah dilakukan dua siklus bimbingan kelompok dengan metode diskusi kelompok terjadi peningkatan pemahaman terhadap siswa menjadi tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan IQ, bakat, minat, cita-cita, prestasi, nilai raport, dan dukungan orangtua. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa metode diskusi kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi.
No copy data
No other version available