Text
Hubungan kemampuan berpikir krits siswa terhadap hasil belajar pada pokok bahsan fluida menggunakan alat peraga di SMA Negeri 14 Palembang
Penelitian ini membahas hubungan tentang kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar siswa menggunakan alat peraga pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 14 Palembang. Variabel Penelitian ini adalah variabel penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa, dengan menjadikan alat peraga dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Palembang dan sampel kelas XI IPA 1 yang berjumlah 43 siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes hasil belajar. Dengan menggunakan uji statistik perbedaan dua rata-rata diperoleh nilai thitung = 2,153 dan nilai ttabel = 1,684 pada taraf signifikan α = 0,05 untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan kemampuan berpikir kritis tersebut secara signifikan ada hubungan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji kemampuan berpikir kritis dengan uji t diperoleh thitung = 2,153 dengan taraf signifikansi 5%. Kegiatan praktikum menggunakan alat peraga mampu meningkatkan hasil belajar.
No copy data
No other version available