Text
Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran word square siswa kelas IV SD Negeri 43 Palembang
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Word Square Siswa Kelas IV SD Negeri 43 Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 43 Palembang dalam pembelajaran IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri 43 Palembang yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Analisis data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil belajar yang dicapai siswa pada Pra Siklus (29%) sedangkan pada Siklus I (60,86%) dan Siklus II (87,5%). Kesimpulan bahwa model Pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar dan disarankan untuk para guru menggunakan model pembelajaran Word Square Sebagai alternatif model pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar
No copy data
No other version available