Text
Peningkatan hasil belajar IPS melalui model kooperatif teknik index card match siswa kelas V SD Negeri 42 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Index Card Macth di kelas V SD Negeri 42 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VD yang berjumlah 26 orang siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Analisis data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan tahap pelaksanaan siklus, mengalami peningkatan terbukti nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan dibanding pra siklus yaitu dari 62,5 menjadi 72,1 dengan persentase ketuntasan dari 42,3% menjadi 69,2%. Kemudian rata-rata pada siklus II meningkat dari siklus I yaitu dari 72,1 menjadi 85,5 dengan persentase ketuntasan dari 69,2% menjadi 88,4%. Persentase keaktifan ratarata siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 70% menjadi 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Index Card Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka peneliti menyarankan agar guru menggunakan model kooperatif teknik Index Card Macth dalam proses belajar mengajar.
No copy data
No other version available