Text
Peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 9 Tebing Tinggi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Penelitian ini berjudul Peningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 9 Tebing Tinggi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 9 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes evaluasi dan observasi setiap siklus, diperoleh hasil belajar ketuntasan sebagai berikut. Pelaksanaan siklus 1 pertemuan 1 sebanyak 8 siswa atau 36,36%, pelaksanaan siklus I pertemuan 2 sebanyak 14 siswa atau 63,64%, siklus II pertemuan 1 ketuntasan belajar siswa sebanyak 17 siswa atau 77,27%, ketuntasan siklus II pertemuan 2 sebanyak 21 siswa atau 95,45%. Demikian pula dengan data observasi. Pada tindakan siklus I pertemuan 1, siswa yang aktif sebanyak 10 orang atau 45,45%, pada siklus I pertemuan 2 siswa yang aktif sebanyak 13 siswa atau 59.09%, pada siklus II pertemuan 1 siswa yang aktif sebanyak 16 siswa atau 72,73%, pada siklus II pertemuan 2 seluruh siswa sudah aktif mengikuti proses belajar mengajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
No copy data
No other version available