The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran

Text

Pengaruh Model Pembelajaran "Master" Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya

Renny Pratiwi DS - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran “MASTER” Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Indralaya. Rumusan masalah yaitu Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya? Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan bentuk One Group Pretest – Posttest. Populasi dalm penelitian ini yaitu kelas X yang berjumlah 187 peserta didik yang terdiri dari 6 kelas, pada tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.F dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes diberikan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan hasil observasi menunjukkan model pembelajaran MASTER telah terlaksana dengan sangat baik dengan skor rerata 94,74%. Hasil tes di dapat dengan pemberian pre tes dan post tes. Sedangkan observasi dilakukan saat perlakuan model pembelajaran MASTER di kelas berlangsung, yaitu sebanyak 3 kali pertemuan. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan uji F dengan regresi sederhana dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan analisis data yang dilakukan ada pengaruh yang positif anatara sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar peserta didik, dimana Fhiung = 36,01 > Ftabel = 4,17 dalam taraf kepercayaan 5% dan dk = n-2, maka Fhitung > Ftabel. Sehingga pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh model pembelajaran “MASTER” terhadap hasil belajar peserta didik.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.260 7 Ren p 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
xi, 56 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370.260 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Model Pembelajaran MASTER
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search