Text
Implementasi Standar Iso 9126 Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web Pada Universitas Sriwijaya
Sistem Informasi Kepegawaian merupakan sistem terpadu yang merancang format-format data kepegawaian dan mengatur sistem pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan, dan pelaporan informasi untuk mendukung kegiatan administrasi kepegawaian. Pengelolaan dan penyimpanan data pegawai merupakan hal yang pokok dalam masalah kepegawaian. ISO 9126 yang merupakan standar untuk tolak ukur suatu kualitas perangkat lunak untuk mengevaluasi dan menetapkan kualitas sebuah produk software, yang memiliki karateristik dan sub karateristik yaitu functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability, dan portability. Pada penelitian ini ISO 9126 diterapkan dalam rancang bangun Sistem Informasi Kepegawaian, sistem tersebut akan dibangun berdasarkan standar ISO 9126 yang merupakan standar kualitas internasional yang terkenal dengan ketahanannya dan telah di implementasikan di banyak aplikasi. Sehingga sistem yang dibangun menyediakan kepuasan kebutuhan user, keamanan serta kelengkapan datanya terjamin. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai keseluruhan sebesar 80,44% yang berarti sistem yang dibangun berdasarkan standar ISO 9126 berjalan dengan optimal.
Kata Kunci : ISO 9126, Sistem Informasi Kepegawaian
No copy data
No other version available